Beasiswa Kursus Bahasa Spanyol di Biayai Penuh Pemerintah Kolombia

Deadline s/d 18 Mei 2018. Pemerintah Kolombia membuka kesempatan peluang beasiswa kursus bahasa Spanyol selama 4 bulan di di unversitas-universitas Kolombia. Beasiswa ini ditanggung full dan dimulai pada semester kedua 2018. Bagi Anda yang berminat, peluang beasiswa yang ditawarkan melalui ELE Focalae atau Foreign Language Focalae initiative ini dapat dilamar oleh mereka yang berprofesi sebagai pemandu wisata atau saat ini berstatus sebagai mahasiswa S1 atau mahasiswa pascasarjana. Khususnya dari negara-negara anggota Asia Timur yang tergabung dalam Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC).


Kursus Bahasa Spanyol
Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan Bahasa, Studi Amerika Latin, Bisnis Internasional, Hubungan Internasional, Perdagangan Internasional, Bisnis, Manajemen, dan Bahasa Asing akan diberikan prioritas. 

Selain memberi kesempatan bagi warganegara dari kawasan Asia Timur, pelamar dari Indonesia juga mendapat kesempatan mengikuti beasiswa ini. Total 60 kursi beasiswa yang disediakan tahun ini. 
Nantinya selain mengikuti kursus bahasa Spanyol di universitas Kolombia, kandidat terpilih juga akan belajar banyak mengenai sejarah, kebudayaan, serta geografi Kolombia. 

Beasiswa yang diberikan meliputi uang saku bulanan, tiket pulang-pergi, asuransi kesehatan internasional, visa, serta biaya kuliah di universitas tempat di mana nantinya penerima beasiswa menjalani kursus bahasa Spanyol. 

Tidak itu saja penerima beasiswa kursus Pemerintah Kolombia ini juga akan ambil bagian dalam kontes “Colombia is what I like” dengan menampilkan pengalaman mereka selama di Kolombia melalui publikasi-pulbikasi dengan hashtag #SoyELEColombia di berbagai media sosial. Kemudian di akhir kursus, mahasiswa akan menerima sertifikat kemampuan bahasa Spanyol yang diakui secara internasional setelah melewati ujian SIELE (Servicio Internacional de EvaluaciĆ³n de la Lengua EspaƱola). 
Persyaratan: 
  1. Warganegara dari negara Asia Timur yang merupakan anggota FEALAC (salah satu Indonesia)
  2. Pemandu wisata bersertifikat atau mahasiswa berprestasi dan berada di tahun terakhir kuliah sarjana atau pascasarjana
  3. Meiliki keterampilan bahasa Inggris yang baik (minimum sertifikat level B1)
  4. Lahir antara 1 Januari 1978 dan 31 Desember 1998
  5. Menerima serta mematuhi aturan inisiatif 2018 ini, sebagaimana tertera di Lampiran 1
  6. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang bagus
  7. Punya sumberdaya untuk menutupi biaya bulan pertama tinggal di Kolombia. Disarankan jumlah minimum US$600
  8. Punya sumberdaya untuk menutupi biaya Colombian Alien ID, sekitar US$70
  9. Belum pernah berpartisipasi pada versi inisiatif ELE sebelumnya yang ditawarkan Pemerintah Kolombia, yang didirikan sejak 2013
Baca Juga : Beasiswa PasTi S2 "Pascasarjana Tenaga Kependidikan Berprestasi" Ristekdikti 2018
Dokumen aplikasi:
  1. Formulir aplikasi lengkap
  2. Foto ukuran paspor terbaru (3.5 x 4 cms)
  3. Copy halaman utama paspor, yang berisi informasi biografi. Paspor harus valid minimum enam bulan setelah dimulainya program
  4. Surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris, yang ditandatangani dokter, yang menyatakan bahwa kandidat dalam keadaan sehat jasmani dan mental untuk mengikuti kursus di Kolombia (Download)
  5. Sertifikat vaksinansi Demam Kuning, jika punya
  6. Dokumen bukti kandidat memiliki keterampilan bahasa Inggris, setara atau lebih tinggi dari B1, sesuai dengan Common European Framework of Reference for Languages
  7. Khusus untuk Pemandu wisata: Surat penerimaan atau otorisasi pendaftaran yang diterbitkan oleh Otoritas Pariwisata Nasional atau Otoritas yang kompeten dari negara asal.
  8. Khusus untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana: Konfirmasi surat pendaftaran yang dikeluarkan oleh universitas asal yang mencantumkan IPK dari kandidat
  9. Khusus mahasiswa pascasarjana: Copy ijasah sarjana
Penerima Beasiswa akan diminta untuk menyerahkan Surat Penerimaan (Download), di kemudian hari setelah seleksi.
Tata Cara Pendaftaran: 
Permohonan beasiswa kursus bahasa Spanyol Pemerintah Kolombia dilakukan secara online. Lengkapi formulir aplikasi ELE Focalae kemudian unggah dokumen aplikasi seperti yang diminta di atas. Format dokumen dalam bentuk PDF. 

Pendaftaran online dibuka mulai 18 April – 18 Mei 2018. Kursus akan dimulai Agustus – November 2018.

Jadwal seleksi: 
21 Mei - 24 Mei 2018: Evaluasi formulir aplikasi dan dokumen yang diajukan serta pemberitahuan pra-seleksi kandidat
4 Juni - 12 Juni 2018: Wawancara online pra-seleksi kandidat. 250 kandidat akan diwawancara online
14 Juni 2018: Kedutaan Besar Kolombia akan mempublikasi hasil dari proses seleksi pada website mereka dan akan memperkenalkan koordinator logisitik dari inisiatif

Informasi lebih lanjut beasiswa kursus Bahasa Spanyol 2018 dari Pemerintah Kolombia bisa Anda lihat di panduan (Unduh). Semoga berhasil!

Kontak:
W:  indonesia.embajada.gov.co
Bagikan Artikel Ini:
BEASISWA S1
BEASISWA S2
BEASISWA S3